Senin, 11 Agustus 2014

GERAKAN DASAR (KIHON)

Gambar 1. Latihan Gabungan di SMK Bakti Ilham Cicalengka

KIHON
Kihon secara harfiah berarti dasar atau pondasi. Pelatihan kihon dimulai dari mempelajari kuda-kuda dasar, pukulan, hantaman, tangkisan, dan tendangan. Pada tahap ini setiap karateka harus menguasai kihon dengan baik sebelum mempelajari kata dan kumite. Kihon selalu dilakukan setiap permulaan latihan yaitu melatih bentuk dasar kuda-kuda, bentuk pukulan, tangkisan, dan tendangan serta variasi gerakan sejenis atau berganda yang dilakukan berulang-ulang sesuai dengan tingkatan sabuk.
TUJUAN
Tujuan dari “kihon” ini adalah untuk mengembangkan sikap yang benar teknik-teknik mendorong, memukul, menangkis dan menendang. Kombinasinya menjamin bahwa “kihon” adalah suatu pengertian dari prinsip-prinsip mengenai mangkail (taisabakti). Perputaran dalam mengubah arah latihan ketahanan kerja dan fleksibilitas adalah suatu aspek yang sangat penting dari “kihon”.
BENTUK
Meliputi sikap yang benar, perawakan tubuh, tangan, kaki dan pergerakan-pergerakan kepala dan koordinasi dari keseluruhannya.  
ISI
Meliputi “kime” (utama) yang merupakan sebuah kombinasi dari tenaga, kecepatan, ketepatan, dan koordinasi yang didapat oleh aplikasi (penerapan) pergerakan yang benar, linier (lurus) (kedepan, kebelakang dan kesamping), perputaran, getaran, pergerakan-pergerakan keatas dan kebawah yang sama baiknya tentang waktu dan kontraksi (pengkerutan) dan ekspansi (pengembangan) dari otot-otot.

SINGKATAN-SINGKATAN 
FS (Front Stance/Sikap Kedepan)
BS (Back Stance/Sikap Kebelakang)
SS (Side Stance/Sikap Kesamping)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar